• (021) 298 67307
  • lppm@unimar.ac.id
  • Tangerang

“WORKSHOP DAN COACHING CLINIC PENYUSUNAN PROPOSAL HIBAH PENELITIAN DAN PKM DRTPM”  UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH A.R. FACHRUDDIN

Kegiatan Workshop dan Coaching Clinic Penyusunan Proposal Hibah Penelitian dan PkM DRTPM” Universitas Muhammadiyah A.R. Fachruddin dilaksanan pada hari Kamis, 21 Maret 2024 secara daring melalui zoom meeting. Tujuan diselenggarakannya workshop dan coaching clinic ini adalah peningkatan kualitas proposal penelitian dan PkM dosen Unimar, sehingga diharapkan bisa lolos mendapatkan hibah DRTPM. Workshop dan Coaching Clinic ini memberikan pengetahuan untuk mengetahui strategi memenangkan hibah penelitian dari Kemenristekdikti dan sekaligus pembuatan laporan keuangannya. Selanjutnya diharapkan dosen Unimar bisa menulis proposal dengan baik dan mengakses berbagai akses skim penelitian dan PkM.

Kegiatan workshop ini dibagi menjadi 2 (dua) sesi. Sesi pertama membahas tentang penelitian dan sesi kedua membahas mengenai pengabdian kepada masyarakat. Kegiatan ini menghadirkan dua narasumber yaitu Prof. Dr. Muji Setiyo, S.T.MT, dan Dr. apt Iis Wahyuningsih, M.Si. Kegiatan ini dibuka oleh Wakil Rektor 1 Universitas Muhammadiyah A.R. Fachruddin. Dalam sambutannya, Wakil Rektor 1, Bp. Dr. apt. Abdul Aziz Setiawan, M.Farm mengutip QS An Nahl ayat 43, yang artinya “Maka bertanyalah pada orang yang memiliki pengetahuan jika kamu tidak mengetahui”.

Pemateri pertama Prof. Dr. Muji Setiyo, S.T.MT, menyampaikan materi tentang petunjuk  lolos proposal penelitian dasar pemula atau PDP. Dalam pemaparannya, disampaikan terkait poin poin penting yang akan menjadi parameter penilaian proposal. Parameter penilaian proposal yaitu penilaian administratif dan substansi. Di sesi ini juga dilakukan coaching clinic, yaitu pengecekan dan review draft proposal penelitian yang telah dibuat oleh dosen Unimar. Beberapa pertanyaan yang didiskusikan diantaranya mengenai persyaratan untuk menjadi ketua, skor SINTA minimal, dan afiliasi.

Adapun Dr.apt Iis Wahyuningsih, M.Si. memberikan materi mengenai penyusunan proposal Pengabdian kepada Masyarakat (PkM). Materi yang disampaikan diantaranya tahapan dalam seleksi proposal, yaitu seleksi administratif, seleksi substantif, dan seleksi site visit (untuk skema PBK dan PBW). Selanjutnya, disampaikan juga terkait persyaratan untuk masing-masing skema. Selain itu, disampaikan juga terkait perbedaan tata kelola keuangan di proposal PkM. Beliau menyampaikan juga hal terkait administratif proposal, misalnya jumlah kata, dan jenis sitasi. Dalam skema hibah PkM, ditekanankan pada keterlibatan mahasiswa dan rekognisinya dalam MBKM. Dalam sesi tanya jawab, beberapa dosen menanyakan terkait UMKM mitra dan rekognisi mahasiswa dalam MBKM. Dengan kegiatan ini, diharapkan mayoritas proposal dosen Unimar dapat lolos pendanaan hibah DRTPM.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *