• (021) 298 67307
  • lppm@unimar.ac.id
  • Tangerang
Berita Kegiatan Penelitian dan Pengabdian
Ngopi (Ngobrol Pintar) Bareng LPPM Tips Lolos Hibah Penulisan Penulisan Deskripsi Paten

Ngopi (Ngobrol Pintar) Bareng LPPM Tips Lolos Hibah Penulisan Penulisan Deskripsi Paten

Kegiatan Ngopi (Ngobrol Pintar) Bareng LPPM dilaksanakan pada tanggal 02 April 2024. Tema kegiatan ini adalah Tips Lolos Hibah Penulisan Deskripsi Paten. Tema ini dipilih sebagai panduan bagi dosen Universitas Muhammadiyah A.R. Fachruddin untuk mengikuti Hibah Pelatihan Penulisan Deskripsi Paten yang diselenggarakan oleh Direktorat Riset Teknologi Pengabdian Masyarakat (DRTPM) Kemendikbud Ristek.

Pembicara dalam kegiatan Ngopi ini adalah Dr. apt. Nita Rusdiana, M.Sc. beliau adalah dosen sekaligus Kepala Pusat Kajian Halal Unimar yang mendapatkan berpengalaman mendapatkan hibah pendaftaran paten dari DRTPM. Kegiatan ini diikuti oleh 24 dosen Universitas Muhammadiyah A.R. Fachruddin.

Dalam pemaparannya, Dr. apt. Nita Rusdiana, M.Sc menjelaskan tentang pengantar serta istilah dalam paten dan hak kekayaan intelektual, klasifikasi hak kekayaan intelektual, hal yang dilarang dalam hak kekayaan intelektual, regulasi dan perundangan tentang paten di Indonesia. Beliau juga menjelaskan tentang prinsip dasar sistem paten, sistem pemberian paten, fungsi sistem paten, tahap pendaftaran paten, komponen penulisan paten (Deskripsi – Klaim – Abstrak), penelusuran paten.

Setelah pemaparan materi, dilanjutkan dengan sesi diskusi. Dalam sesi diskusi ini,peserta antusias mengajukan pertanyaan terkait paten. Peserta menanyakan mengenai jangka waktu paten, biaya terkait pendaftaran paten, perlindungan dan kepemilikan paten, dan ide paten.

Selain pemaparan terkait paten, dalam kegiatan ini juga dilakukan pengarahan terkait tata cara pendaftaran hibah pelatihan penulisan deskripsi paten di website BIMA. Pengarahan disampaikan oleh Kepala LPPM Unimar, La Ode Akbar Rasydy, M.Si. Dalam pengarahan tersebut dijelaskan tata cara pendaftaran, dan dokumen lampiran yang perlu diunggah ke website BIMA.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *